THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 20 Mei 2010

cara membaca yang baik dan benar

Pada proses pertama ini anda sedang menanamkan sebuah jalur di Neuron anda, sehingga kali berikutnya anda membaca kembali, maka benak anda sudah mengenali bahan yang anda baca dengan lebih baik.
a. Konsentrasi .Kebanyakan kita menganggap bahwa konsentrasi adalah pekerjaan berat dan sangat sulit dilakukan. Kita memiliki suatu keyakinan bahwa hal tersebut susah untuk dilakukan. Padahal kalau kita menyenangi sesuatu, katakanlah menonton konser musik band favorit kita atau film di bioskop, maka kita akan dapat berkonsentrasi menikmati pertunjukan yang berlangsung lebih dari dua jam. Kita ternyata dapat berkonsentrasi cukup lama jika kita melakukan sesuatu yang kita senangi. Inilah pola pikir pertama yang harus kita kembangkan untuk belajar berkonsentrasi.
b. mengerti isi cerita sebelum menceritakan sebuah cerita
c. Perhatikan suasana hati. Ciptakan suasana hati yang positif untuk belajar, dengan memilih waktu dan tempat yang menyenangkan
d. Tumbuhkan Motivasi dalam diri.Untuk menumbuhkan motivasi belajar adalah dengan cara mengetahui relevansi materi pelajaran yang sedang kita pelajari dengan realitas atau kegunaan materi tersebut dalam kehidupan
e. Berilah garis bawah atau stabillo. Dengan memberikan sesuatu, seperti garis bawah atau stabillo anda dapat mengingat bacaan yang penting atau perlu yang diingat.
f. Berikan coretan atau tulisan di bagian-bagian buku yang kosong. Jika anda menulisnya di kertas, maka kertas itu bisa hilang. Jika anda menulis di buku yang anda baca, maka tulisan anda akan terekam seterusnya. Benak akan mencatatnya dalam-dalam, karena sesuatu yang anda tulis akan diperlakukan oleh otak bawah sadar sebagai “penting” atau perintah untuk memperhatikan hal yang anda tulis.
g. Tulis ulang bagian-bagian yang menarik .Memastikan anda memasukkannya dalam-dalam ke benak anda.
h. Baca Ulang buku tersebut berulang-ulang sampai anda benar-benar puas akan hasilnya bagi hidup anda.

0 komentar: